acheter viagra en ligne cialis sales buy viagra online
Program Studi Manajemen PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 29 September 2010 15:02

Program Studi Manajemen


Program Studi (PS)                                           :  Manajemen
Jurusan                                                           :  Manajemen
Fakultas                                                           :  Ekonomi
Perguruan Tinggi                                              :  Universitas Atma Jaya Makassar
Nomor SK pendirian PS (*)                                 :  034/0/1983
Tanggal SK pendirian PS                                     :  5 Januari 1983    
Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS               :  Dr. Daoed Yoesoef
Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS      :  07 Juli 1981
Nomor SK Izin Operasional (*)                             :  3612/D/2006
Tanggal SK Izin Operasional                                 :  25 September 2006    
Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir                       :  B
Nomor SK BAN-PT                                             :  026/BAN-PT/Ak-XI/S1/X/2008
Tgl 24 Oktober 2008  s/d 24 Oktober 2013    
Alamat PS                                                        :  Jl. Tanjung Alang No.23 Makassar  90244
No. Telepon PS                                                :  (0411) 871038 -  871733.
No. Faksimili PS                                                 :  (0411) 870294
Homepage dan E-mail PS                                    :  www.uajm.ac.id dan This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

 

Visi Program Studi

 


Menjadi Program Studi Manajemen yang unggul dalam pengembangan ilmu manajemen dan bisnis pada tingkat nasional yang dijiwai oleh nilai-nilai unggul, integritas, dan bela rasa.

 

 

 

Misi Program Studi


  1. Menyelenggarakan  dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran manajemen dan bisnis  yang dijiwai oleh nilai-nilai unggul,  integritas, dan bela rasa.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang berkesinambungan dalam bidang ilmu manajemen dan bisnis untuk kepentingan IPTEKS dan masyarakat.
  3. Mendarmabaktikan keahlian manjemen dan bisnis pada masyarakat
  4. Mengelola Program Studi Manajemen berdasarkan prinsip-prinsip akuntabililtas, transparansi, etika, dan moral.

 

 

Tujuan Program Studi


 

Menghasilkan Sarjana Ekonomi dalam bidang Manajemen yang :

  1. Memiliki kemampuan akademik yang unggul di bidang ilmu  manajemen dan bisnis
  2. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu manajemen dan bisnis yang dijiwai  nilai-nilai unggul, jujur dan bela rasa.
  3. Memiliki kemampuan entrepreneurial antara lain: kedisiplinan, kejujuran, bertanggung jawab, dan kerja sama
  4. Memiliki kemampuan bersaing dalam dunia kerja


Sasaran dan Strategi Pencapaian


Sasaran

 

Sasaran yang ingin dicapai oleh PS Manajemen adalah:


1. Pengembangan Akademik

 

a.    Tersedianya kurikulum yang sesuai perkembangan ipteks dan  tuntutan pasar kerja.
b.    Mahasiswa Program Studi Manajemen mampu menyelesaikan studi rata-rata 4 tahun (empat) tahun selama lima tahun ke depan.
c.    Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan Program Studi Manajemen minimal 3,10
d.    Lama waktu  menunggu pekerjaan lulusan Program Studi Manajemen rata-rata 4 bulan.
e.    Melalui pengembangan softskill Mahasiswa Program Studi Manajemen memiliki kepribadian seperti integritas, tangguh, dan bela rasa.
f.    Setelah menyelesaikan studi mahasiswa Program Studi  Manajemen memiliki kemampuan analisis dan memecahkan masalah secara sistematis dan  komprehensif.
g.   Setelah menyelesaikan studi mahasiswa Program Studi Manajemen memiliki nilai-nilai dasar kewirausahaan seperti kemampuan bekerja dalam  tim, kemampuan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah secara cepat, dan bertanggung jawab.

 

2. Pengembangan Penelitian

 

a.    Setiap tahun dihasilkan minimal satu karya ilmiah dan hasil penelitian oleh setiap tenaga pendidik untuk pengembangan dan penerapan ilmu manajemen dan bisnis.
b.    Mahasiswa Program Studi Manajemen semakin banyak terlibat dalam penelitian bersama tenaga pendidik.
c.    Hasil-hasil karya ilmiah dan penelitian dipublikasikan kepada pengguna secara berkala setiap tahun.

3. Pengembangan pengabdian kepada masyarakat


a.    Program Studi Manajemen sebagi institusi minimal 1 kali dalam 1 tahun dan setiap tenaga pendidik minimal 2 kali dalam 1 tahun terlibat dalam upaya  pengembangan usaha kecil dan menengah baik melalui pelatihan maupun pendampingan,
b.    Program Studi Manajemen minimal 1 kali dalam 1 tahun mewujudkan belarasa kepada sesama yang membutuhkan.

4. Pengembangan sumber daya manusia


a.    Pada Tahun 2014, semua tenaga pendidik tetap Program Studi Manajemen telah bergelar minimal magister dan juga minimal  berpangkat akademik lektor.
b.    Semua tenaga pendidik mampu menggunakan metode pembelajaran berbasis mahasiswa.
c.    Pada tahun 2014 Semua tenaga pendidik memiliki kemampuan dan keterampilan meneliti dengan menggunakan software yang ada.
d.    Tenaga kependidikan Program Studi Manajemen memiliki kemampuan dan keterampilan pengolahan arsip dan data secara efektiof dan efisien.

5. Pengembangan prasarana, sarana, dan keuangan


a.    Setiap ruangan pembelajaran menggunakan LCD dan AC berikut sarana pendukungnya.
b.    Kualitas ruangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan ditingkatkan melalui penambahan sarana pendukung seperti AC.
c.    Peralatan dan fungsi laboratorium ditambah dan dioptimalkan.
d.    Peningkatan SPP/BPP secara proporsional.
e.    Bertambahnya sumber dana di luar SPP/BPP melalui kprogram kerja sama dan kemitraan dengan lembaga-lembaga lain baik pemerintah maupun swasta.
f.    Terciptanya efisiensi penggunaan dana

 

 

Strategi pencapaian sasaran PS Manajemen

1.    Pengembangan Akademik


a.    Melakukan evaluasi dan penyempurnaan  kurikulum secara berkala (per tahun) untuk disesuiakan dengan  perkembangan iptek, tuntutan pasar kerja.
b.    Optimalisasi peran penasehat akademik dan pembimbingan  dalam monitoring akademik mahasiswa.
c.    Melaksanakan program pendidikan kepribadian mahasiswa melalui 3 jalur yakni: pertama, program sistematis yang dilaksanakan oleh universitas, kedua, program-program lembaga kemahasiswaan, dan ketiga, melekat pada metode pembelajaran di kelas.
d.    Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan penelitian bersama tenaga pendidik.

2.    Pengembangan Penelitian


a.    Meningkatkan kuantitas dan  kualitas penelitian yang dilakukan tenaga pendidik sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan  kebutuhan dunia praktis. Untuk itu tenaga pendidik akan diberikan pelatihan meneliti dan menulis karya ilmiah secara berkala.
b.    Mewajibkan setiap  tenaga pendidik melibatkan mahasiswa meneliti pada setiap 1 judul dari penelitian-penelitian yang dilakukan.
c.    Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian melalui jurnal Simak yang diterbitkan Fakultas Ekonomi, Jurnal Pengembangan Wilayah yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Atma Jaya Makassar, dan jurnal lainnya di luar Universitas. Untuk mencapai itu maka setiap tulisan dan hasil penelitian yang dimuat akan diberikan insentif.

3.    Pengembangan Pengabdian Kepada Masyarakat


a.    Menambah jumlah kerjasama dan kemitraan dengan lembaga-lembaga UKM dan mengoptimalkan kerjasa sama dan kemitraan yang sudah ada.
b.    Menambah dana pengabdian kepada masyarakat.
c.    Meningkatkan kemampuan dan keterampilan sebagai instruktur dan pendamping tenaga pendidik melalui TOT.

4.    Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia


a.    Meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui kualifikasi pendidikan formal  melalui program studi lanjut dengan mengupayakan beawiswa baik bersumber dari internal maupun bersumber dari eksternal.
b.    Menfasilitasi tenaga pendidik untuk segera meningkatkan pangkat akademik.
c.    Meningkatkan kualitas tenaga pendidik di bidang penelitian dan pembuatan karya tulis ilmiah dengan melaksanakan dan menugaskan tenaga pendidik mengikuti pelatihan-pelatihan  metodologi penelitian dan penulisan karya ilmiah.
d.    Melaksanakan pelatihan pengolahan arsip dan data kepada tenaga kependidikan

5.    Peningkatan prasarana, Sarana, dan keuangan,


a.    Membuat pos anggaran pengadaan fasilitas ruangan pembelajaran, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan secara berkala
b.    Meningkatkan peralatan dan fungsi laboratorium.
c.    Meningkatkan  sumber dana SPP/BPP secara proporsional
d.    Menggalang kerjasama dan kemitraandengan lembaga-lembaga eksternal untuk menggalang sumber dana lainnya di luar SPP/BPP . Peningkatan efisiensi penggunaan dana melalui minimalisasi biaya



.

 

 

 

Last Updated on Thursday, 19 May 2016 03:37
 

Jajak Pendapat

Apakah anda tertarik untuk melanjutkan S1 di Fakultas Ekonomi ?
 

Pencarian

Statistik

Content View Hits : 59944

Who's Online

We have 5 guests online